Sabtu, 04 Januari 2014

Menanam Kangkung Darat


kangkung darat dan bayam
Kangkung adalah tanaman sayuran yang mudah untuk dibudidayakan, dan merupakan sayuran yang baik untuk kesehatan, terutama bagi yang lapar. Tapi, ingat jangan sampai kebanyakan, sebab kalau begitu akan mudah mengantuk, sehingga akibatnya hanya tidur melulu, akibatnya lagi tidak bisa bekerja. Bagaimana bekerja kalau hanya tidur melulu.
Ada dua macam varietas kangkung, yakni kangkung darat dan kangkung air. Sesuai namanya, kangkung darat ditanam di darat, sepertinya tanaman bayam dll, sedangkan kangkung air ditamam di air sepertinya halnya enceng gondok.
Nah, sekarang kita akan membahas bagaimana membudidayakan kangkung darat. Kangkung darat bisa ditanam di tanah bebas, bisa juga dalam polybag. Nih, contohnya:
di tanah bebad
dalam polybag



biji kangkung darat
Persiapan Budidaya. Baik penamanan pada tanah bebas maupun dalam polybag, pertama-tama anda harus mempunyai biji kangkung darat dulu. Itu bisa didapat di toko-toko pertanian atau pun minta dari orang yang anda kenal. Inilah bentuk biji kangkung:
Berikutnya, anda menyiapkan lahan. Untuk lahan bebas, buatlah bedengan dengan lebar kurang lebih 40 cm dan panjang seturut selera dan situasi. Bedengan hendaknya diberi pupuk  kandang (kotoran ternak:sapi, kambing atau ayam) secukupnya. Untuk dalam polybag, carilah polybag dalam ukuran seperti ember cat 5 kiloan. Polybag bisa diperoleh (tentunya beli) di toko pertanian. Bisa juga memanfaatkan wadah bekas, misalnya kantong plastik, ember cat, ember rusak, karung  dan apa pun yang bisa dipakai untuk tampung tanah. Isilah wadah itu dengan tanah yang subur.
Penanaman. Baik di tanah bebas ataupun dalam polybag, tanamlah biji kangkung sejumlah 3 sampai 4 pada setiap lubang tanam, dengan jarak kurang lebih 15 cm. Dalam waktu 7 hari, anda sudah akan bisa melihat, biji kangkung tumbuh.
Perawatan. Tanaman kangkung mudah dirawat dan sedikit hama. Bila ada rumput liar, cabutlah, jangan sampai kangkung anda kalah sama mereka. Bila daun kangkung anda berlubang, berarti ada ulat, usirlah dengan pestisida organik, misalnya air gerusan bawang putih disemprotkan pada tanaman kangkung. Konon ulat mabuk oleh bau menyengat bawang putih. Perhatikanlah juga kecukupan air, terlebih untuk yang ditanam dalam media polybag.
Pemanenan. Kangkung darat bisa dipanen mulai umur 30 hari, tergantung pada keseburan tanah. Panenlah dengan cara dipotong, jangan dicabut. Maksudnya, kalau dicabut, kan langsung habis! potonglah batang
lkangkung darat sebagai bunga
kangkung dengan menyisakan batang yang ada ketiak daun, agar nanti bertunas kembali.   INI BELUM SELESA LOH, makhlum komputernya nebeng orangI.........
mau dijual
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musik