Sabtu, 11 Januari 2014

Pabrik Aqua di Rumah Sendiri


Air minum yang sehat merupakan kebutuhan pokok dalam hidup kita. Selain sehat tentu saja kalau bisa murah dan praktis cara mengadakannya. Sudah lazim selama ini kita membuat air minum atau sering kita sebut dengan air putih dengan cara direbus, atau yang lebih praktis membeli air minum galon yang relatif mudah kita jangkau. Nah, berikut ini akan saya paparkan satu cara lain untuk pengadaan air minum kita,  yakni air minum yang diproses dengan cara penjemuran  sinar matahari. Caranya sangat simpel dan saya rasa, asal mau dan ada kemungkinan, semua orang bisa membuatnya. (Pengalaman: saya sudah mengonsumsi air minum jenis ini selama setahun, dan tidak ada keluhan kesehatan). 
Pertama-tama carilah sumber air yang bersih, bisa dari PDAM, sumur atau mata air.
Kedua, dari sumber itu buatlah filter/saringan yang rapat. Ukurannya misalnya, bila air yang sudah melalui saringan bisa memenuhi galon 15 liter dalam waktu kurang lebih 3 jam, berarti saringan itu sudah bagus. 
Ketiga, siapkan dua galon air 15 literan, yang satu dipakai untuk  dan yang lainnya untuk penampungan.
Ketiga, siapkan selang dengan ukuran kecil--seperti selang yang dipakai unutuk waterpass bangunan, seculupnya.
Keempat, alirkan air yang sudah tersaring dengan selang ke galon penjemuran. Jika sudah penuh, matikan. Agar mudah pasanglah kran dari air tersaring.
Keempat, biarkan air dalam penjemuran terjemur matahari. Jika panas sepanjang hari, dua hari saja air sudah sehat untuk di minum, namun jika panasnya tidak fuul maka harus lebih dua hari. 
Kelima, alirkan air yang sudah terjemur itu ke galon penampungan, dan siap diminum. Demi praktisnya, pasanglah kran di bagian bawah galon penampungan.
Keenam, isilah kembali galon penjemuran dengan air baru, dan kangan lupa matikan jika sudah penuh.
Mudah kan?
Gagasan dasarnya: sinar ultraviolet alami dari matahari membunuh kuman dan bakteri dalam air, sehingga meskipun tidak melalui proses perebusan atau penyeulingan, iair yang terjemur tadi sudah terbebas dari kuman dan bakteri yang berbahaya untuk kesehatan kita.
Lihatlah gambar-gambar di bawah!

Air dari sumber  ditampung dalam bak penampungan. Dari bak ini dibuatlah filter rapat. 
Naih ini  galon penjemuran
Galon penampungan

Lihatlah, galon penjemuran di kejauhan dan yang dekat ini: galon penampungan




Ini belum final


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musik